Dokumentasi Bulan K3 Nasional 2024, Apa Makna, dan Tujuannya

Bagikan :

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
WhatsApp
Email

Bagikan :

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Email
WhatsApp

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Menaker RI) menggelar Bulan K3 Nasional Tahun 2024 pada bulan Januari hingga Februari 2024. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan pekerjaan.
Lalu, apa tema Bulan K3 Nasional 2024? Apa saja kegiatan dalam Bulan K3 Nasional 2024? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa itu K3?

Menurut Pasal 1 angka 2 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2012 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Adapun pelaksanaan Bulan K3 Nasional telah diatur Menaker RI dalam Keputusan Menaker RI Nomor 244 Tahun 2023 tentang Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2024. Berikut serba-serbi Bulan K3 Nasional 2024.

Tema Bulan K3 Nasional 2024

Tema Bulan K3 Nasional 2024 adalah “Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”. Sementara itu, subtema Bulan K3 Nasional dapat ditentukan oleh gubernur dengan menyesuaikan isu, permasalahan K3, dan kondisi di wilayah masing-masing.

Tujuan dan Sasaran Bulan K3 Nasional Tahun 2024

Bulan K3 Nasional 2024 digelar dengan tujuan tertentu. Berikut poin-poin tujuan dan sasaran Bulan K3 Nasional Tahun 2024.

– Tujuan

Meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma K3;
Menjamin terlaksananya perlindungan K3 pada setiap kegiatan di semua sektor usaha;
Meningkatkan penerapan K3 pada pola dan bentuk pekerjaan baru yang timbul akibat era digital ekonomi;
Mewujudkan sumber daya manusia K3 yang unggul dan berdaya saing; dan
Meningkatkan partisipasi semua pihak dalam mewujudkan kemandirian pelaksanaan budaya K3 di setiap kegiatan pembangunan ekonomi yang enklusif dan berkelanjutan.
– Sasaran

Meningkatnya jumlah perusahaan yang menerapkan K3;
Meningkatnya jumlah perusahaan nihil kecelakaan;
Meningkatnya pertumbuhan ekonomi di semua sektor usaha yang berbudaya K3;
Meningkatnya produktivitas kerja secara nasional; dan
Meningkatnya koordinasi, sinergi, dan kolaborasi antar pemangku kepentingan.

Leave a Reply

Ikuti Pelatihan